Afghanistan Dilanda Gempa Bumi Berkekuatan 6,1 Magnitudo

Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo di Afghanistan. Sumber : detik news


Gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo guncang Afghanistan, Rabu (22/ 5). Reuters melaporkan, lebih dari 130 orang tewas dan lebih dari 250 orang terluka akibat gempa tersebut. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, titik pusat gempa terjadi pada sekitar 44 kilometer Kota Khost perbatasan Pakistan, dengan kedalaman kurang lebih 51 kilometer. Guncangan dahsyat tersebut terasa hingga ibu kota Kabul.

Dilansir dari CNN Indonesia, European Mediterranean Seismological Center (EMSC) mengatakan, guncangan yang sangat kuat dan panjang tersebut tidak hanya terjadi pada daerah terdekat Afghanistan. Bahkan, guncangan tersebut terasa hingga Pakistan.

“Akibat dari guncangan tersebut, banyak rumah dan bangunan hancur menjadi puing puing. Setidaknya, 125 korban tewas di Khost dan lainnya tewas di Provinsi Nangarhar,” kutip EMSC.

Mahasiswa Fakultas Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, semester empat, Fitri Nur menyatakan, bencana alam yang murni datang dari alam tidak bisa dicegah. Manusia hanya bisa mengupayakan untuk meminimalisir korban jiwa, dengan membuat mitigasi bencana dari berbagai usaha.

“Kemungkinan besar, jika mitigasi gempa di Afghanistan berlaku secara tepat, bisa saja korban yang tewas kurang dari 130 orang. Setelah terjadinya gempa dahsyat tersebut, pemerintah harus melakukan rehabilitasi terhadap infrastruktur yang terdampak, melakukan inventarisasi kerusakan, serta melakukan evaluasi kerusakan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, gempa yang terjadi di Afghanistan disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik yang berada di bawah lapisan bumi Afghanistan yang terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng India.

(Arifah Salastiani Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *