Hal yang Perlu Dipersiapkan Oleh Balamuda, Untuk Masuk ke Dunia Perkuliahan

Ilustrasi mahasiswa baru. Sumber : radio edukasi


Halo Balamuda! tahun ajaran baru segera akan dimulai nih, waktunya Balamuda menyiapkan diri untuk menyambut awal perkuliahan. Nah, kira-kira apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk masuk ke dunia perkuliahan? .

Membiasakan diri dengan aplikasi dan teknologi dasar dalam perkuliahan

Sebagai mahasiswa baru, Balamuda harus terbiasa menggunakan aplikasi dasar yang biasanya digunakan dalam perkuliahan seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Zoom, menggunakan mesin pencari data dengan tepat, dan semacamnya. Pada saat kuliah, Balamuda harus sudah menguasai berbagai aplikasi tersebut, agar tidak mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas yang diberikan dosen.

Cari tempat kos atau asrama

Pasti banyak dari Balamuda yang memiliki tempat tinggal yang jauh dari kampus. Nah, cari tempat kos atau asrama harus dilakukan dari jauh-jauh hari, agar Balamuda bisa mendapatkan tempat kos yang nyaman. Hal ini sangat penting, karena lancarnya pendidikan kuliah Balamuda juga ditentukan oleh tempat tinggal yang nyaman.

Cari tahu transportasi paling mudah diakses

Balamuda harus mengetahui transportasi yang bisa diakses ke kampus, untuk memudahkan mobilitas saat pergi ke kampus. Hal ini bertujuan untuk mengefektifkan waktu tempuh Balamuda agar sampai ke kampus dengan tepat waktu. Pastikan transportasi yang balamuda pilih aman, nyaman, dan mudah diakses.

Cari tahu informasi unit kegiatan mahasiswa (UKM)

Untuk menambah pengalaman dan relasi Balamuda, mencari informasi mengenai UKM yang terdapat di kampus merupakan hal yang penting. Balamuda bisa memilih UKM sesuai minat seperti olahraga, siaran, paduan suara, belajar bahasa, fotografi, broadcasting, kelas drama, dan sebagainya. Biasanya, informasi mengenai UKM akan disosialisasikan oleh para senior di kampus.

Persiapkan Mental

Hal terakhir yang tidak kalah penting dari yang sebelumnya yaitu, persiapkan mental. Sebab, Balamuda sudah memasuki masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa, yang pastinya jauh berbeda mulai dari pola pikir dan cara bertindak. Sistem penilaian yang unik, jadwal kuliah yang mudah berubah, dan lingkar pertemanan yang akan semakin mengecil, merupakan hal-hal yang biasa terjadi didunia perkuliahan.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *