Tips Menghindari Stress Untuk Balamuda

Cara jitu menghindari stress. Sumber : qubisa.com


Balamuda, pernah merasa stress karena kuliah? Rasanya tugas, ujian, presentasi, semua datang terus gak ada habisnya.

Stress memang umum dirasakan oleh setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak. Saat mengalami stress, tubuh akan menjadi waspada terhadap tantangan atau bahaya yang mengancam.

Tapi jika Balamuda membiarkan hal tersebut secara terus menerus, bisa jadi tubuh Balamuda memberikan reaksi negatif yang ditandai dengan rasa cemas dan takut, yang dapat disertai dengan berbagai keluhan fisik.

Balmuda pasti gak mau hal itu terjadi kan? Yuk simak!

Terima keadaan bahwa Balamuda suka kerja di dekat deadline

Nah, siapa yang suka kerjain tugas kuliah di dekat deadline?

Mungkin Balamuda tipe orang yang dapat bekerja lebih baik saat berada di bawah tekanan. Dari pada Balamuda memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu lebih cepat, mungkin ada baiknya jika Balamuda membiarkan mengerjakannya saat sudah dekat deadline.

Gonta-ganti tempat belajar agar tidak bosan

Balamuda tau gak sih?

Faktanya, berpindah tempat atau posisi dapat memberi semangat baru bagi otak dan tubuh kita lho. Bila perlu belajarlah di luar, di tempat yang udaranya segar dan cuaca saat sedang cerah.

Berhenti begadang

Balamuda pasti sering begadang ya?

Gak heran kok, sebab banyak anak muda sekarang lebih sering begadang. Mungkin Balamuda merasa, dengan begadang, tugas-tugas kuliah dapat terselesaikan. Tapi jika Balamuda begadang, besok harinya pasti Balamuda akan merasa lelah dan tidak focus pada kegiatan kuliah. Jadi, lebih baik Balamuda bangun pagi dan mengerjakannya.

Luangkan waktu untuk bersantai

Jika Balamuda selalu bilang sibuk, maka Balamuda akan terus sibuk. Balamuda punya pilihan, bagaimana Balamuda ingin menjalani hidup. Ambilah waktu untuk santai dan mengistirahatkan diri, walau hanya 15 menit sehari untuk mendengarkan RDK FM, membaca newsroom RDK, atau nonton video lucu di YouTube. Waktu ini penting agar Balamuda tetap positif dan tidak kalah ditimbun stress.

Miliki lagu untuk motivasi belajar

Balamuda bisa pilih lagu klasik atau lagu yang santai untuk menjadi teman dalam belajar. Apapun itu, musik dapat membantu memberi semangat saat belajar. Lagu juga dapat membantu mengurangi stress otak.

Kalau memang harus menangis, menangislah

Jangan takut dianggap aneh atau cengeng. Menangis adalah hal yang alami saat manusia merasa sedih dan tertekan. Jadi, jika ingin menangis, menangislah. Karena setelah itu Balamuda akan merasa lebih baik.

Balamuda nggak harus selalu kuat, Balamuda nggak harus selalu bisa. Jangan jadi makin stress karenanya ya! Cobalah cara-cara di atas dan berusahalah menang dari stress-mu. Selamat berjuang!

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *