Persiapan Hadapi IPEPA, Prodi KPI Gelar Focus Group Discussion – RDK FM UIN JAKARTA

Persiapan Hadapi IPEPA, Prodi KPI Gelar Focus Group Discussion

Suasana berlangsungnya FGD Prodi KPI di ruang teater, Senin (27/06).


Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta gelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menghadapi Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) guna menguji dan mengevaluasi peringkat dan akreditasi Prodi KPI. Acara yang digelar pada Senin (27/06) tersebut bertempat di ruang meeting lantai dua fakultas.

Dekan FDIKOM, Suparto, S.Ag., M.Ed., Ph.D. mengatakan, pada saat ini beberapa Prodi yang ada di FDIKOM termasuk S2 KPI, S1 KPI, dan S1 Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) sedang berada dalam masa-masa yang akan habis status akreditasinya.

“Maka dari itu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat ini sudah melaksanakan pemantauan pada data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Pemantauan tersebut menjadi penting sehingga kami harus menyinkronkan dengan data-data karena data di PDDikti bisa saja belum melakukan update,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, akreditasi merupakan nyawa perguruan tinggi dimana seluruh komponen Prodi harus merasa bahwa hal tersebut merupakan nyawa bersama.

Kepala Prodi (Kaprodi), Dr. Armawati Arbi, M.Si. menjelaskan, dalam re-akreditasi memiliki sembilan standar yang diperlukan dan dari awal fakultas sudah melakukan percepatan mahasiswa lulus tepat waktu di semester tujuh maupun delapan.

“Dengan adanya staf dapat memantau agar data lama dapat dibuang dan data baru dapat diperbaharui sehingga proses akreditasi semakin cepat. Dosen Pembimbing Akademik (PA) yang berkoordinasi dengan ketua kelas dapat memantau mahasiswa yang dirasa kurang aktif dan tidak mengikuti perkuliahan dari semester awal hingga saat ini,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dalam buku pedoman akademik juga sudah di atur mengenai cuti kejelasan mahasiswa sehingga dosen PA dan ketua kelas wajib memantau setiap mahasiswa agar data di PDDikti dapat terus terpantau.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138