Aktualisasi Admistrasi dalam Organisasi, HMPS Kessos Gelar Belajar Bareng Sekretaris

Sekum HMPS Kessos, Raden Puspita Darmayanti saat menyampaikan materi dalam acara Berbaris.


Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Kesejahteraan Sosial (Kessos) UIN Jakarta gelar acara dengan tajuk “Belajar Bareng Sekretaris” (Berbaris) sebagai aktualisasi administrasi dalam berorganisasi. Kegiatan tersebut bertempat di lantai enam fakultas pada Rabu (29/06).

Organizing Committee Berbaris, Syahran Yasyfi mengatakan, urgensi diadakannya Berbaris tersebut salah satunya untuk penyaluran ilmu tentang administrasi kepada para pengurus HMPS Kessos masa bakti 2022 karena ilmu administrasi  tidak dapat berhenti hanya di sekretaris umum (Sekum).

“Tujuan diadakannya acara tersebut adalah sebagai sarana bagi pengurus HMPS Kessos 2022 untuk mendalami serta mengetahui standarisasi operasional penulisan surat, tata cara membedah surat, serta prosedur pembuatan Term of Reference (TOR),” jelasnya.

Dirinya berharap, seluruh pengurus HMPS Kessos dapat menerapkan serta mengaktualisasikan ilmu administrasi di dalam tubuh organisasi.

Sekum HMPS Kessos, Raden Puspita Darmayanti menuturkan, masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) penulisan surat dan hal tersebut memicu untuk diadakannya acara tersebut.

“Tujuan SOP sebetulnya untuk pedoman dalam pelaksanaan administrasi dalam organisasi dan mengawasi kinerja departemen dan kepanitiaan agar tidak terjadi tumpang tindih pelaksanaan administrasi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pentingnya TOR yaitu sebagai dasar rencana kegiatan sesuai dengan garis-garis besar perencanaan kelembagaan, dasar pelaksanaan kegiatan, dasar rasionalisasi munculnya usulan anggaran, jaminan mutu sistem perencanaan, serta dasar bahwa usulan program memiliki kualifikasi yang baik atau tidak.

(Arifah Salastiani Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *