PMI UIN Jakarta Gelar Webinar Pertukaran Peradaban untuk Kedamaian Global

Suasana berlangsungnya webinar internasional PMI, Rabu (29/06).


Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) bersama Pusat Studi Pemberdayaan dan Perdamaian Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) gelar webinar internasional dengan tema “Civilization Exchange for Global Peace and Understanding” pada Rabu (29/06) melalui Zoom Meeting.

Pendiri Civilizations Exchange and Cooperation Foundation (CECF), Prof. Imam Mohammad Bashar A, Ph.D mengatakan, isu pertukaran peradaban sangat penting sebagai landasan bagi generasi muda khususnya generasi muslim untuk mengenal dunia dengan sudut pandang yang lebih baik dan luas.

“Mempelajari berbagai bahasa adalah salah satu hal yang dibutuhkan dunia sekarang. Ilmu dalam berbahasa dapat digunakan untuk mempelajari dan mengenalkan Islam yang sesungguhnya ke mata dunia. Mempersiapkan orang-orang untuk siap dan melakukan revolusi yang sesuai dengan tantangan zaman adalah tanggung jawab seluruh umat manusia,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, dalam mencapai tujuan perdamaian dan pemahaman global serta mengenalkan Islam, dirinya mendirikan sebuah organisasi yakni CECF dan Al Basheer, dimana CECF sendiri adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang sosial untuk mendorong kerja sama antara orang-orang dari berbagai agama dan budaya.

Guru Besar FDIKOM, Prof. Dr. Andi M Faisal Bakti, MA mengatakan, isu tersebut menjadi masalah dan realita yang dihadapi oleh masyarakat belakangan. Faktanya seluruh manusia menginginkan pertukaran peradaban, namun kemudian sadar bahwa dalam sejarah pertukaran peradaban selalu bertumpu pada kemajuan masyarakatnya sendiri.

“Dengan kata lain, naik turunnya peradaban tergantung dari bagaimana manusia mampu bekerjasama secara harmonis dan bukan berkonfrontasi,” pungkasnya.

(Jelita Mawar Hapsari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *