Hari Kelautan Nasional: Kekayaan Laut Indonesia dan Sejuta Manfaatnya

Ilustrasi indahnya laut Indonesia. Sumber foto: Kompasiana.com


Setiap tanggal dua Juli, Indonesia memperingati Hari Kelautan Nasional. Hari tersebut dilatar belakangi oleh letak geografis Indonesia yang dua per tiga luas wilayahnya adalah laut sehingga menjadikannya sebagai negara maritim terbesar di dunia. Lautan di Indonesia yang kaya dan memiliki sejuta manfaat harus dijaga serta dilestarikan.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester dua, Izmi Istiqomah mengatakan, Hari Kelautan Nasional merupakan sebuah peringatan bahwa Indonesia sungguh kaya dengan luas dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) laut yang sangat besar.

“Hari Kelautan Nasional tersebut bisa diperingati dengan seksama mulai dari diri sendiri untuk tidak mencemari laut dan menjaganya dengan langkah kecil seperti mengurangi sampah plastik, tidak menangkap dan memelihara biota laut, tidak menyentuh terumbu karang, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, tanpa laut, bumi akan kehilangan sumber kehidupan yang begitu besar makna dan manfaatnya sehingga laut harus tetap terjaga agar keindahan dan manfaatnya dapat dirasakan sampai ke generasi seterusnya.

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan, semester empat, Salma Zahirah Ramadhina mengatakan, Hari Kelautan Nasional dijadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya laut beserta ekosistemnya untuk dijaga dan dilestarikan.

“Masyarakat harus sadar betapa pentingnya hal tersebut karena laut merupakan bagian terbesar di Indonesia. Terlebih saat ini laut Indonesia sudah tercemar sampah akibat dari kurangnya kepedulian masyarakat akan hal tersebut. Padahal banyak sekali dampak dan bahaya yang akan terjadi jika laut di Indonesia sudah tidak terjaga,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, masyarakat perlu diberikan wawasan agar tidak membuang limbah sembarangan dan menggalakkan program pelestarian laut agar kelangsungan hidup generasi di masa mendatang juga terjaga karena air merupakan salah satu sumber daya terpenting dalam kehidupan manusia.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *