Hari Koperasi Internasional: Belajar Bisnis dan Manajemen Keuangan Melalui Kopma

Ilustrasi kopersi Indonesia. Sumber foto: Kompas.com


Hari Koperasi Internasional diperingati setiap tahun pada hari Sabtu pertama di bulan Juli sejak tahun 1995. Pada tahun 2022 bertepatan pada Sabtu (02/07). Koperasi pertama di Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 1960 oleh Moh Hatta. Koperasi Mahasiswa (Kopma) merupakan salah satu wadah untuk para mahasiswa belajar berbisnis, usaha, serta memahami manajemen keuangan sejak dini dengan berkoperasi.

Anggota Kopma UIN Jakarta, Syanda Farida mengatakan, koperasi mahasiswa merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tidak hanya sebagai wahana pelayanan peningkatan kesejahteraan mahasiswa namun juga sebagai labolatorium pendidikan koperasi dan kewirausahaan.

“Dengan diperingati Hari Koperasi Internasional setiap Sabtu pertama di bulan Juli merupakan salah satu makna bahwa tidak kalah pentingnya peran koperasi di segala aspek. Semoga koperasi seluruh dunia semakin maju serta semakin terorganisir seluruh kegiatannya dan seluruh agendanya terutama pada Kopma UIN Jakarta,” tuturnya.

Anggota Kopma UIN Jakarta, Nurfitria Maulana mengatakan, tujuan diadakannya Hari Koperasi Internasional merupakan bentuk apresiasi pada seluruh koperasi di dunia, karena sesuai dengan tujuan koperasi yaitu untuk meningkatkan kehidupan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya.

“Selain itu tujuan koperasi yaitu untuk menjadi sokoguru dalam perekonomian nasional dan membantu produsen dengan memberikan harga yang relatif lebih tinggi. Semoga koperasi dunia semakin baik dan Kopma di seluruh universitas dapat berjalan dengan tersusun serta terawasi agar Kopma dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

(Nazwa Rizqia Kamila)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *