DPR Sahkan RUU Pembentukan Tiga Provinsi Baru di Papua

Ilustrasi masyarakat Papua. Sumber foto: Kompas.com


Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait pembentukan provinsi baru di Papua yang terdiri dari Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pengesahan tersebut diputuskan melalui rapat paripurna DPR yang dihelat di Kompleks Parlemen Jakarta pada Kamis (30/06).

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos), semester empat, Muhammad Naufal Ardiansyah mengatakan, tujuan dari pengesahan tersebut untuk memudahkan birokrasi serta memudahkan masyarakat untuk menerima teknologi baru.

“Papua membutuhkan perhatian yang lebih dari pemerintah agar dapat berkembang menjadi lebih maju dan setara dengan pulau lain. Banyak masyarakat yang menolak adanya pengesahan tersebut karena terlalu tergesa-gesa sehingga dianggap belum matang dalam segi persiapan,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, pengesahan tersebut merupakan salah satu faktor pendukung untuk memajukan Papua karena dengan disahkannya tiga provinsi baru tersebut, segi pendidikan, teknologi, serta sumber daya Papua akan lebih terpantau.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Jurnalistik, semester empat, Mohammed Tegar Tsabiatul Azmi mengungkapkan, tujuan dibaginya Papua menjadi tiga provinsi adalah untuk percepatan pemerataan pembangunan, mempercepat peningkatan pelayanan publik, mempercepat kesejahteraan masyarakat, dan mengangkat harkat derajat orang asli Papua.

“Jika benar rencana tersebut terjadi, maka perlu peninjauan kembali agar dapat lebih maksimal. Saya harap tidak ada kepentingan politis di dalamnya karena informasi yang kurang menyeluruh pada akhirnya bisa membuat stigma negatif seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *