Hari Bank Indonesia ke-69: Ingat Kembali Sejarah Berdirinya BI

Logo BI. Sumber foto: Liputan6.com


Sejak tahun 1964, Hari Bank Indonesia (BI) diperingati setiap lima Juli. Pasca kemerdekaan, Belanda kembali datang dan merebut bank-bank yang ada pada masa Jepang di Indonesia. Karena telah dikuasai Belanda akhirnya pemerintah Republik Indonesia (RI) membentuk bank sentral sendiri dan megeluarkan undang-undang darurat tentang berdirinya Bank Negara Indonesa (BNI) pada lima Juli.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), jurusan Perbankan Syariah, semester enam, Iffah Tsabita mengatakan, dengan adanya peringatan tersebut, warga dapat lebih mengapresiasi dan mengingat sejarah berdirinya BI. Perkembangan BI sejauh ini sudah cukup baik dan BI sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan kontribusinya untuk negara.

“Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) kita harus memberikan selamat dan ucapan terimakasih kepada BI yang telah berkontribusi mendukung perekonomian Indonesia. BI selalu menjadi sumber inspirasi bagi bank-bank besar, menengah, maupun kecil untuk selalu berkolaborasi di Indonesia,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu
Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester dua, Putri Nadila mengatakan, sejauh ini BI memiliki manfaat yang sangat berpengaruh untuk masyarakat Indonesia seperti membantu mengelola keuangan masyarakat ataupun negara, dan berusaha menstabilkan ekonomi negara.

“Untuk memperingati Hari Bank Indonesia, bisa dengan memanfaatkan teknologi digital dengan menyebar luaskan hashtag hari ulang tahun BI supaya peringatan tersebut bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Selain itu dapat dirayakan juga dengan video visual memperingati Hari Bank Indonesia,” ujarnya.

Dirinya berharap, BI dapat terus bekerja secara maksimal dan membantu Indonesia agar stabilitas eknominya tetap terjaga, terus mendorong digitalisasi, dan terus mengembangkan kredibilitasnya untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *