Presiden Jokowi Prediksi Puncak Kasus Positif Covid-19 Terjadi Pekan Depan

Ilustrasi Presiden Jokowi prediksi puncak kasus Covid-19 terjadi minggu depan. Sumber foto: CNN Indonesia


Presiden Joko Widodo memprediksi puncak peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 terjadi pada pekan depan. Hal tersebut disampaikan langsung olehnya dalam rapat terbatas khusus membahas antisipasi lonjakan kasus Covid-19 bersama sejumlah menteri di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (04/06). Jokowi juga ingin vaksinasi booster ditingkatkan di daerah-daerah yang memiliki tingkat interaksi antar warga yang tinggi.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester dua, Bagas Satria Abdulgani mengatakan, penyebab utama kenaikan angka kasus Covid-19 karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes.

“Meskipun penggunaan masker di ruang terbuka sudah dilonggarkanakan, tetapi banyak dari masyarakat yang terlena sehingga abai dalam menerapkan prokes. Renggang nya pemberlakuan dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga bisa menjadi salah satu penyebabnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, sebagian masyarakat menganggap bahwa Covid-19 sudah tidak ada sehingga penerapan prokes jadi tidak penting lagi di masyarakat. Meski begitu dirinya berharap, angka Covid-19 kembali menurun atau bahkan hilang sehingga aktivitas masyarakat di semua sektor dapat berjalan dengan lancar.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), jurusan Keperawatan, semester empat, Siti Nurhayati mengatakan, kenaikan tersebut terjadi karena memang Covid-19 belum benar hilang tetapi kebanyakan negara di dunia mulai menyepelekan hal tersebut, tidak menerapkan prokes, dan merasa sudah bebas.

“Renggangnya PPKM dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi salah satu faktor utama penyebab lonjakan kasus tersebut. Presiden dan pemerintah harus segera melakukan tindakan yang lebih cepat dan memberlakukan PPKM kembali untuk menahan rantai Covid-19 agar tidak menyebar lebih luas lagi,” tuturnya.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *