Kenalan dengan Siska Putri Utami, Presiden Perempuan Pertama FRESH UIN Jakarta

Siska Putri Utami, Presiden FRESH UIN Jakarta 2021 – 2022.


Siska Putri Utami, mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), semester delapan. Dengan latar belakang mencintai dunia tulis-menulis serta aktif dalam organisasi, dirinya mampu terpilih menjadi Presiden Fatahillah Researchers For Science and Humanity (FRESH) UIN Jakarta dengan masa periode 2021-2022.

Siska mengaku, saat terpilih, dirinya merasa mendapat suatu hal yang sangat luar biasa, walaupun bukan pengalaman pertamanya untuk menjadi seorang pemimpin, sebab sejak SMP dan SMA sudah pernah menjabat sebagai wakil ketua OSIS dan ketua OSIS.

“Saya sempat ingin menolak tawaran menjadi calon Presiden FRESH UIN Jakarta, kendati menolak, mengingat proses yang cukup panjang dan ketat untuk memilih kandidat calon presiden FRESH UIN Jakarta periode 2021-2022, saya menerima tawaran menjadi salah satu kandidat Presiden FRESH UIN Jakarta. Tentu, saya tidak memiliki ekspektasi untuk menang dan manju menjadi presiden, mengingat Presiden FRESH UIN Jakarta sejak tahun 2015 – 2020 selalu laki laki,” ujarnya.

Pemilihan dilakukan dengan musyawarah. Di dalam musyawarah tersebut, para kandidat calon presiden tidak diperkenankan ikut hadir. Hasil musyawarah nantinya akan diumumkan kepada para kandidat calon presiden, yang berisi nama salah satu kandidat calon presiden yang menjadi presiden FRESH UIN Jakarta selanjutnya.

“Pengumuman yang diumumkan setelah musyawarah menyebutkan nama Siska Putri Utami. Mendengar hal itu, saya merasa senang dan tidak menyangka. Setelah itu saya berfikir bahwa amanah tidak pernah salah pundak. Saya mencoba untuk percaya pada diri sendiri, saya menerima amanah yang akan saya emban untuk menjadi seorang presiden perempuan FRESH UIN Jakarta pertama,” ucapnya.

Tentu ketika ingin mengikuti sebuah organisasi memang bukan hanya karena coba-coba atau hanya karena ingin menumpang nama dan lain sebagainya.

“Dalam suatu organisasi terutama menjabat sebagai Presiden, yang pasti akan mengalami suatu masalah. Sebagai Presiden saya tidak diam saja, dengan meminta kepada anggota yang ada. Kami bekerja sama untuk bangkit dari suatu masalah,” kutipnya.

Dirinya berpesan, be yourself and be productive, do the best, ketika kita sudah dapat mencintai diri sendiri, berusahalah untuk selalu produktif dan melakukan yang terbaik. Waktu terus berjalan ketika kalian ingin membahagiakan orang yang kalian cintai, maka jangan hanya menunggu, bergeraklah dengan memberi action yang nyata.

(Al Ghifari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *