Polri Rencanakan Pembebasan BBN-KB Guna Tingkatkan Minat Bayar Pajak

Ilustrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sumber foto: Kompas.com


Dalam upaya mendorong minat masyarakat untuk taat bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Indonesia, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana menghapuskan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dan Jasa Raharja. Langkah terebut dilakukan karena besarnya tarif BBN-KB kerap jadi salah satu yang menyebabkan pemilik kendaraan tidak membayar pajak.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester dua, Nadhila Putri mengatakan, pembayaran BBN-KB memang terbilang cukup mahal. Untuk beberapa orang yang membeli kendaraan bekas akan merasa terbebani untuk membayar pajak sekaligus BBN-KB.

“Dengan adanya pembebasan BBN-KB tentu efektif untuk meningkatkan bayar pajak kendaraan karena sebagian orang yang telat atau bahkan tidak membayar pajak disebabkan mahalnya biaya balik nama kendaraan bekas tersebut,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, selain pembebasan BBN-KB, diharapkan ada peringatan dan hukuman besar bagi masyarakat yang menunda atau bahkan tidak membayar pajak sama sekali seperti yang ada di Pasal 74 Undang-Undang No 22 Tahun 2009.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Jurnalistik, semester dua, Ahmad Fauzan Akbar mengatakan, berdasarkan data yang ada, hampir 50 persen lebih pemilik kendaraan roda empat dan roda dua tidak taat pajak. Salah satunya akibat beban dari BBN-KB usai membeli kendaraan bekas.

“Dengan adanya pembebasan BBN-KB tersebut akan meringankan masyarakat sehingga masyarakat akan rajin membayar pajak. Upaya meningkatkan minat bayar pajak adalah dengan kenakan sanksi sesuai jumlah pajak yang tidak dibayarkan,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan dihapusnya BBN-KB tersebut masyarakat akan rutin membayar pajak karena penggunaan pajak akan dipakai oleh masyarakat juga.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *