BI dan P3JPH UIN Jakarta Gelar Kolaborasi Pelaksanaan Sertifikasi Halal

Foto bersama usai penandatanganan kerja sama BI dan P3JPH UIN Jakarta.


Kamis (04/08), Pusat Pengkajian dan Pengembangan Jaminan Produk Halal (P3JPH) lakukan kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dalam pelaksanaan sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Diorama UIN Jakarta dengan dihadiri Yayasan Shaliza Sinergi Indonesia.

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A. mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut yaitu untuk membantu mengembangkan serta memberdayakan UMK khususnya untuk memperoleh sertifikasi halal.

“UIN Jakarta telah berkontribusi dengan banyak pihak mendampingi UMK baik di daerah sekitar Tangerang maupun Jakarta Timur. Terlebih UIN Jakarta terpilih karena adanya koneksi dan informasi mengenai BI yang akan mendampingi UMK untuk mendapatkan sertifikasi halal dan P3JPH UIN Jakarta dipercaya untuk berkolaborasi serta menjembatani,” ujarnya.

Dirinya berharap, UIN Jakarta dapat dikenal sebagai pendamping untuk mendapatkan sertifikasi halal di Indonesia serta civitas UIN Jakarta juga dapat berkontribusi dalam P3JPH sehingga penelitian yang dilakukan dapat lebih berkembang dan bermanfaat dalam semua bidang tri dharma perguruan tinggi.

Manager Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Wahyu Ega Nugraha mengatakan, kegunaan sertifikasi halal sesuai undang-undang yaitu untuk memberikan jaminan kualitas dan kepastian halal suatu produk terlebih kepada orang muslim yang harus mengkonsumsi produk halal.

“Terlebih pada tahun 2024 mendatang hal tersebut menjadi kewajiban dan akan mendapatkan sanksi bila tidak ditaati. Oleh karena itu BI telah bermitra dengan beberapa perguruan tinggi termasuk UIN Jakarta untuk memperkuat halal center yang akan melakukan pelatihan serta memfasilitasi pelaku UMK,” jelasnya.

Dirinya berharap, kegiatan kolaborasi antara (P3JPH) UIN Jakarta dengan BI akan terus berlanjut sehingga dapat menjadi contoh sertifikasi bagi pihak lain untuk juga membangun kolaborasi. Sebab target sertifikasi halal di Indonesia sangat tinggi namun kesiapan dari segala aspek masih sangat terbatas.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *