Kementerian ESDM Targetkan Ubah 1000 Motor BBM Jadi Motor Listrik

Ilustrasi motor listrik. Sumber foto: Katadata


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) targetkan ubah 1000 unit sepeda motor Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi motor listrik pada tahun 2022. Hal tersebut dijelaskan dalam webinar bertajuk “Prospek Pemulihan Ekonomi Imdonesia di Tengah Perubahan Geopolitik Global Pasca Pandemi” pada Selasa (02/08).

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), jurusan Ekonomi Syariah, semester dua, Muhammad Rayhan Khafiz mengatakan, program konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik sudah cukup baik namun pemerintah perlu memperhatikan budget yang dibutuhkan masyarakat jika ingin mengganti motor BBM ke tenaga listrik.

“Pemerintah dapat melakukan kerja sama dengan produsen komponen untuk program konversi tersebut agar budget yang diperlukan menjadi lebih ekonomis. Pemerintah juga dapat bekerja sama dengan bengkel-bengkel kecil untuk melakukan pelatihan konversi motor BBM ke listrik kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, proses konversi tersebut tentu memiliki kendala serta hambatannya sendiri melihat hampir seluruh masyarakat di Indonesia adalah pengguna kendaraan bermotor.

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Fakultas Teknologi dan Desain, jurusan Sistem Informasi, semester dua, Goldfried Marchelino menjelaskan, program konversi sepeda motor BBM ke motor listrik merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI terkait dengan percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Dengan terlaksananya program konversi tersebut dapat menekan angka impor BBM serta meningkatkan efisien jika transportasi umum seperti busway juga dikonversikan menjadi tenaga listrik. Hal tersebut memungkinkan untuk membawa kontribusi besar dalam perbaikan pengelolaan lingkungan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, pemerintah dapat mengubah motor bekas menjadi motor listrik agar memaksimalkan sepeda motor bekas yang masih layak pakai sehingga penggunaan kendaraan listrik menjadi lebih masif dan terjangkau.

(Jelita Mawar Hapsari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *