Tingkatkan Fasilitas Publik Berbasis KI, DJKI Gelar Program Unggulan

Wakil Menkumham, Eddy Hiariej saat berbicara mengenai KI. Sumber foto: Sindonews.com


Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sukses menyelenggarakan program unggulan seperti Roving Seminar dan Sertifikasi Pusat Perbelanjaan Berbasis Kekayaan Intelektual (KI). Hal tersebut bertujuan demi menjamin terciptanya perlindungan dan pelayanan publik KI yang mencakup hak cipta, paten, dan merek.

Dilansir dari Tempo.co, Wakil Menkumham,
Eddy Hiariej menuturkan, tidak hanya berdasarkan pada keberhasilan membangun jejaring dan berkolaborasi dengan lembaga kementerian atau stakeholder, adanya penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang merupakan kunci agar ekosistem KI dapat berjalan sukses.

“Terlaksananya program unggulan seperti Klinik KI Bergerak hingga DJKI mengajar, merupakan langkah nyata yang dijalankan oleh DJKI demi menjaga dan meningkatkan KI di Indonesia sehingga masyarakat maupun pegiat ekonomi kreatif dapat merasakan manfaat yang besar dari adanya program tersebut,” tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester tiga, Andryan Kusuma mengatakan, program unggulan DJKI merupakan kegiatan positif yang sangat berdampak khususnya dalam meningkatan kesadaran masyarakat terkait pentingnya perlindungan KI.

“Dengan adanya program tersebut tentunya dapat menjamin hak para pemilik KI dan konsumen dari peredaran barang palsu dan bajakan. Sertifikasi pusat perbelanjaan hingga menggelar drafting patent camp merupakan langkah pencegahan pelanggaran KI yang cukup efektif sehingga KI di Indonesia dapat terus terjaga dan terpelihara,” ungkapnya.

(Arifah Salastiani Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *