Tips Jago Public Speaking, Mahasiswa Harus Tau! – RDK FM UIN JAKARTA

Tips Jago Public Speaking, Mahasiswa Harus Tau!

Seseorang yang melakukan public speaking dengan baik. Sumber : detik.com


Balamuda, public speaking merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya mahasiswa. Kemampuan komunikasi ini sangat penting dimiliki dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan. Namun, banyak orang mengalami demam panggung atau gugup dan takut saat akan melakukan public speaking.

Tau gak sih, ada beberapa cara untuk menanggulangi demam panggung lho Balamuda. Balamuda bisa melakukan hal hal di bawah ini.

Kuasai diri dan topik yang akan disampaikan

Pastikan Balamuda paham dengan topik yang akan disampaikan. Karena penguasaan diri serta menguasai topik yang akan disampaikan dapat berguna agar Balamuda percaya diri dengan apa yang disampaikan dan penyampaian dapat lebih mudah dipahami.

Bicara perlahan dan kembangkan pembicaraan

Saat merasa gugup, biasanya kita akan berbicara terlalu cepat, hingga akhirnya melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan. Balamuda dapat berlatih untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Berhenti sejenak untuk tarik napas jika terlalu gugup, dan lanjutkan kembali presentasi Balamuda.

Perhatikan intonasi saat berbicara

Jika Balamuda berbicara dengan suara yang datar, audiens pasti akan cepat merasa bosan. Gunakan intonasi yang variatif dan sesuai dengan jenis acara. Seperti pada acara formal, gunakan intonasi yang meyakinkan dan tegas. Sementara, untuk acara santai, Balamuda bisa lebih kreatif dalam menggunakan intonasi yang terdengar menyenangkan.

Jangan overthingking dengan reaksi audiens

Overthinking atau berpikiran berlebihan akan membuat Balamuda semakin takut dan grogi untuk berbicara di depan banyak orang. Tenang aja, gak semua yang dipikirkan itu benar-benar terjadi kok. Lebih baik Balamuda fokus pada diri sendiri dan berusaha menjalaninya dengan maksimal.

Berlatih secara rutin

Agar terbiasa, Balamuda harus sering berlatih di depan cermin atau meminta bantuan teman-teman untuk menjadi audiens. Balamuda bisa lakukan dengan rutin, agar pelafalan dan intonasi Balamuda semakin terasah, sehingga materi akan tersampaikan dengan baik.

Nah, itu dia hal-hal yang harus Balamuda lakukan agar mahir melakukan public speaking. Yuk, Balamuda, semangat belajar public speaking, karena semakin baik kita berkomunikasi, semakin banyak pula keuntungan yang akan didapat.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138