Buntut Peretasan Sejumlah Awak Media Narasi, Dewan Pers Minta Aparat Usut Tuntas – RDK FM UIN JAKARTA

Buntut Peretasan Sejumlah Awak Media Narasi, Dewan Pers Minta Aparat Usut Tuntas

Ilustrasi peretasan pada media massa Narasi. Sumber foto: Liputan6.com


Buntut peretasan yang dialami oleh sejumlah awak media massa Narasi pada Minggu (25/09), Dewan Pers meminta aparat penegak hukum untuk mengusut peretasan tersebut dan mengecam aksi peretasan tersebut serta mendesak peretas untuk menghentikan aksinya. Dewan Pers menyebut, peretasan tersebut menjadi serangan siber terbesar dalam sejarah pers nasional dan juga mengganggu kemerdekaan pers.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunkasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester tiga, Derul Abiyyu Dzaqi mengatakan, hal tersebut bisa membuat rakyat merugi karena dengan media pers, rakyat bisa mendapat informasi yang bagus. Terlebih lagi, hal tersebut terjadi pada Narasi yang dikenal kritis terhadap pemerintah.

“Hal ini harus diusut terlebih dahulu, siapa yang meretas dan apa maksudnya agar bisa menjadi pelajaran dan mencari solusi agar tidak terulang. Solusi bisa diusahakan dengan memperkuat pertahanan di bidang cybernya,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, tidak disimpulkan apakah pernyataan Dewan Pers tersebut cukup untuk membuat peretas tidak mengulanginya lagi, atau justru malah menjadi bumerang untuk Dewan Pers. Tetapi hal tersebut dapat dicegah dengan peraturan-peraturan yang bisa mencegah ataupun membuat efek jera ke pelaku.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Jurnalistik, semester tiga, Syahrul Rachmat Rifkiansyah mengatakan, setiap pers atau rakyat punya kebebasan untuk berpendapat. Terlebih pers merupakan kedaulatan rakyat untuk menyuarakan pendapat.

“Menurut saya ancaman saja kurang cukup, harus ada bukti nyata juga untuk mengusut tuntas masalah peretasan ini. Seharusnya, polisi atau aparat menindak tegas peretas tersebut, agar tidak ada peretasan berulang yang menghalangi kegiatan jurnalis untuk menyuarakan pendapat atau berita,” pungkasnya.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138