Rencana BPKB Elektronik Tahun Ini Dibatalkan, Berlaku Mulai Tahun 2023 – RDK FM UIN JAKARTA

Rencana BPKB Elektronik Tahun Ini Dibatalkan, Berlaku Mulai Tahun 2023

Ilustrasi BPKB. Sumber foto: Kompas.com


Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik akan diterapkan pada tahun 2023 mendatang. BPKB elektronik yang sebelumnya diharapkan bisa diterapkan pada tahun ini diundur karena dirasa perlu menganalisis evaluasi kedepannya agar dapat membuat data yang valid sehingga bisa melayani masyarakat dengan baik.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Ilmu Hukum, Nadia Putri mengatakan, BPKB elektronik tetap berbentuk buku sesuai dengan namanya. Sistem yang ada pada BPKB elektronik yaitu, disematkannya chip, arsip digital, serta aplikasi.

“Terkait waktu pasti penerapan BPKB elektronik, diperlukan serangkaian proses yang dilakukan, mulai dari lelang, pembuatan, hingga penerapan. Dari rangkaian proses tersebut, masih harus menunggu tahun depan untuk diterapkan karena masih harus diupayakan dengan maksimal,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, BPKB elektronik akan diberikan pada pemilik kendaraan yang melakukan pergantian BPKB serta pemilik kendaraan yang membuat BPKB baru. Manfaat yang didapatkan dari BPKB elektronik, salah satunya adalah pemangkasan waktu ketika mengurus mutasi kendaraan.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester tiga, Muhammad Abdul Syukur mengatakan, BPKB elektronik nantinya akan diterapkan serentak di skala nasional. Pasalnya, proses integrasi data yang dilakukan harus sepenuhnya.

“Dengan menciptakan satu aplikasi untuk bisa berkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait, semua data yang ada akan diarahkan ke single data. Semoga inovasi tersebut dapat menghilangkan modus-modus kecurangan yang dilakukan oleh sejumlah pemilik kendaraan dan dapat segera diterapkan,” pungkasnya.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138