Kepala Dinkes Tangsel Sebut Kasus DBD di Tangerang Meningkat – RDK FM UIN JAKARTA

Kepala Dinkes Tangsel Sebut Kasus DBD di Tangerang Meningkat

Ilustrasi nyamuk Aedes Aegypti. Sumber foto: Kompas.com


Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan (Tangsel) meningkat. Sejak Januari hingga akhir September 2022 ini, jumlah kasus di Kabupaten Tangerang mencapai 1.035 kasus dengan pasien meninggal dunia sebanyak tujuh orang. Sementara untuk usia yang paling banyak terkena DBD, adalah usia produktif antara usia 15 sampai 44 tahun.

Dikutip dari Merdeka.com, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel, Alin Hendarlin Mahdaniar mengungkapkan, penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut adalah penyakit yang dapat dicegah serta dikendalikan.

“Terhitung sejak bulan Januari sampai dengan 25 September 2022, jumlah kasus DBD di Tangsel, sebanyak 577 kasus. Jumlah kumulatif kasus DBD itu mengalami peningkatan bila dibanding dengan tahun 2021 lalu sebanyak 437 kasus,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, sebaran kasus DBD di Tangsel merata di semua kecamatan. Angka kasus tertinggi disumbang dari Kecamatan Pamulang, dengan jumlah kasus 128 kasus DBD.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester tiga, Kevin Alfin Nur mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan Kepala Dinkes Tangerang adalah melakukan riset lapangan, melihat dan mendatangi rumah di wilayah-wilayah terpencil yang biasanya dekat dengan pembuangan sampah.

“Setelah itu baru mengajak warga untuk menjaga kebersihan dan menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dengan menjaga kebersihan dan melakukan upaya PSN, tentu akan mengurangi jentik nyamuk yang akan berkembang biak. Tentunya harus dilakukan secara rutin dan sesuai prosedur yg telah ditentukan,” ujarnya.

Kevin menambahkan, yang harus dilakukan masyarakat Tangerang selain menjaga kebersihan dan melakukan upaya PSN, tentunya kesadaran dari diri sendiri. Karena hal utama yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat adalah kesadaran diri sendiri, entah untuk menjaga kebersihan ataupun menjaga dirinya sendiri dari penyakit yang ada.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138