Tragedi Kemanusiaan Arema FC vs Persebaya Menjadi yang Terburuk dalam Sejarah – RDK FM UIN JAKARTA

Tragedi Kemanusiaan Arema FC vs Persebaya Menjadi yang Terburuk dalam Sejarah

Seusai pertandingan di Stadion Kanjuruhan. Sumber : ragamindonesia.com


Kerusuhan yang terjadi usai laga Arema Football Club (FC) melawan Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya) meninggalkan duka mendalam khususnya bagi seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, pertandingan yang bertempat di Stadion Kanjuruhan, Malang, tersebut menewaskan 174 orang yang menobatkannya menjadi pertandingan sepak bola paling mematikan dalam sejarah, Sabtu (1/10).

Dilansir dari Detik.com, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta menuturkan, tragedi kemanusiaan tersebut bermula ketika Arema FC kalah dengan skor 2-3 melawan Persebaya. Kekecewaan penonton yang tak terbendung menyebabkan aksi kericuhan hingga beberapa suporter turun ke tengah lapangan dan berusaha mencari pemain  untuk melampiaskan kekecewaannya.

“Berbagai upaya pengamanan hingga pengalihan telah polisi kerahkan agar mereka tidak masuk ke dalam lapangan dan mengincar para pemain, kurangnya oksigen akibat penumpukan hingga ricuhnya suasana stadion membuat tragedi kemanusiaan tersebut terjadi,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Jurusan Ilmu Hukum, semester tiga, Hafiz mengatakan, aksi kekerasan hingga anarkis merupakan hal yang tidak dibenarkan. Pasalnya, sebagai seorang suporter sudah seharusnya menjunjung tinggi sikap sportivitas dalam pertandingan olahraga.

“Sebagai pihak yang bertanggung jawab ¬†mengkoordinasikan turnamen Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) sudah seharusnya sigap mengevaluasi liga yang tengah berjalan. Pasalnya hal tersebut bukan hanya terjadi sekali melainkan sudah sering berulang sehingga dapat memperburuk citra sepak bola Indonesia di Kancah Internasional,” ujarnya.

 

(Surya Mahmuda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138