Pro dan Kontra Petisi Gas Air Mata untuk Bubarkan Kericuhan – RDK FM UIN JAKARTA

Pro dan Kontra Petisi Gas Air Mata untuk Bubarkan Kericuhan

Ilustrasi penggunaan gas air mata. Sumber foto: Detik.com


Menyusul tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (01/10) lalu, sejumlah kelompok masyarakat yang bernama Blok Politik Pelajar mendesak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk menyetop penggunaan gas air mata dalam menangani aksi massa. Desakan yang diwujudkan dengan petisi tersebut telah ditandatangani sebanyak 36.000 kali di laman Change.org.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), semester lima, Riska Indah menuturkan, penggunaan gas air matamerupakan hal yang tidak manusiawi, pasalnya semprotan gas air mata dapat berbahaya bagi tubuh terutama jika terkena area vital seperti mata dan saluran nafas.

“Dalam situasi ricuh tentunya penggunaan gas air mata sangat tidak efektif karena dapat mudah menyebar dan membuat suasana semakin ricuh. Efek jangka panjang yang ditimbulkan juga dapat berbahaya, terlebih bagi orang dengan penyakit akut,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Muhammad Fadhil Raihan mengatakan, petisi yang dibuat oleh masyarakat dinilai kurang efektif, pasalnya, penggunaan gas air mata untuk membubarkan massa aksi sangat diperlukan karena dapat meredam kericuhan dalam cakupan yang lebih luas.

“Saya rasa walaupun terdapat bahan kimia yang mengakibatkan asma kronik, gas air mata seharusnya tidak menyebabkan kematian apabila terhirup dalam dosis kecil. Melakukan penanganan darurat, seperti mencuci muka dengan air mengalir hingga minum banyak air dapat meredakan efek pedih dari gas air mata,” tuturnya.

Dirinya berharap, Polri sebagai instansi pemerintah dapat lebih humanis dalam menangani aksi kericuhan sehingga penggunaan gas air mata tidak menjadi polemik di masyarakat.

(Surya Mahmuda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138