IDAI Imbau Orang Tua Tidak Beli Obat Bebas Tanpa Rekomendasi – RDK FM UIN JAKARTA

IDAI Imbau Orang Tua Tidak Beli Obat Bebas Tanpa Rekomendasi

Ilustrasi obat anak. Sumber foto: Detik.com


Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memgimbau agar orang tua tidak membeli obat tanpa rekomendasi Tenaga Kesehatan (Nakes). Rekomendasi tersebut disarankan sampai ditemukan hasil investigasi mengenai penyebab gagal ginjal akut progresif atipikial atau misterius pada anak.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), semester lima, Audia Fasya mengatakan, masyarakat harus tetap waspada dengan penyakit gagal ginjal akut misterius yang sedang marak terjadi pada anak-anak.

“Namun, orang tua harus tetap tenang dan jangan membeli obat sembarangan tanpa rekomendasi Nakes. Sebaiknya mengurangi aktivitas anak-anak khususnya balita yang memaparkan risiko infeksi,” ujarnya.

Dirinya berharap, orang tua dapat mengoptimalkan kesehatan anak dengan menjalankan pola hidup yang bersih dan sehat. Orang tua juga harus menghindari aktivitas di ruang publik agar anak tidak terkena infeksi.

Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Fakultas Kedokteran, jurusan Pendidikan Kedokteran, semester lima, Maulidia Mulia menuturkan, belum diketahui pasti penyebab gangguan ginjal akut progresif atipikal tersebut. Diharapkan masyarakat tidak sembarangan membeli obat jika ada gejala yang mulai muncul.

“Terlebih, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak mengkonsumsi obat dalam bentuk cair atau sirup tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Diharapkan penyebab gangguan ginjal akut progresif atipikal ini cepat ditemukan, sehingga wabahnya segera mereda,” ungkapnya.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138