Dukungan Sosial Masyarakat Jadi Peran Penting dalam Penanganan ODGJ – RDK FM UIN JAKARTA

Dukungan Sosial Masyarakat Jadi Peran Penting dalam Penanganan ODGJ

Ilustrasi ODGJ. Sumber foto: Tirto.id


Dokter spesialis kejiwaan, Dr. Ida Rochmawati, M.Sc., Sp.KJ(K) mengatakan, seluruh anggota masyarakat perlu terlibat aktif dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan memberikan dukungan sosial. Penanganan gangguan jiwa menjadi tidak maksimal sebab pasien biasanya tidak menyadari bahwa dia mengalami masalah dan banyak stigma negatif mengenai gangguan jiwa yang beredar di tengah masyarakat, seperti anggapan bahwa ODGJ adalah orang yang hanya mencari perhatian dan kurang iman.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester tiga, Muhamad Ichsan Maulana mengatakan, ODGJ memiliki tipe yang beragam, tapi orang terdekatnya tetap harus memberikan dukungan yang baik dalam proses pengobatannya serta memberikan kenyamanan agar ODGJ tidak merasa terganggu.

“Menurut saya cara yang tepat adalah dengan memberikan arahan kepada masyarakat untuk mengubah pola pikir mereka terhadap ODGJ yang selama ini dicap sebagai pengganggu. Masyarakat juga perlu diberi arahan agar tidak memberikan perlakuan yang buruk kepada ODGJ,” ujarnya.

Dirinya berharap, masyarakat Indonesia dapat menerima keberadaan ODGJ dan tidak menghakimi, justru sebaliknya masyarakat memberikan dukungan sosial kepada mereka karena hal tersebut menjadi faktor penting dalam proses penanganan ODGJ di Indonesia.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Jurnalistik, semester tiga, Ahmad Fauzan Akbar mengatakan, peran keluarga adalah mengawasi supaya hal fatal tidak terjadi, yaitu dengan memberikan dukungan kepada ODGJ sejak awal.

“Menurut saya untuk masalah tersebut solusinya adalah memiliki ilmu dan rasa simpati serta empati antar sesama. Jika masih mengolok-mengolok orang yang terkena ODGJ, mereka tidak mengerti bahwa masalah kejiwaan adalah faktor medis yang tidak diinginkan oleh si korban,” ungkapnya.

Ahmad berharap, penanganan ODGJ di Indonesia kedepannya bisa menjadi lebih baik, entah dari service yang diberikan oleh psikiater, keluarga, atau bahkan masyarakat dan tetangga terdekat.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138