Hal yang Perlu Dipersiapkan Oleh Balamuda, Untuk Masuk ke Dunia Perkuliahan

Ilustrasi mahasiswa baru. Sumber : radio edukasi Halo Balamuda! tahun ajaran baru segera akan dimulai nih, waktunya Balamuda menyiapkan diri untuk menyambut awal perkuliahan. Nah, kira-kira apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk masuk ke dunia perkuliahan? . Membiasakan diri dengan aplikasi dan teknologi dasar dalam perkuliahan Sebagai mahasiswa baru, Balamuda harus terbiasa menggunakan aplikasi…
Read more

Tips Menghindari Stress Untuk Balamuda

Cara jitu menghindari stress. Sumber : qubisa.com Balamuda, pernah merasa stress karena kuliah? Rasanya tugas, ujian, presentasi, semua datang terus gak ada habisnya. Stress memang umum dirasakan oleh setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak. Saat mengalami stress, tubuh akan menjadi waspada terhadap tantangan atau bahaya yang mengancam. Tapi jika Balamuda membiarkan hal tersebut secara terus…
Read more

Strategi Mengatasi Overthinking Agar Hidup Lebih Bahagia

Gambaran seseorang yang terjebak dalam over thinking. Sumber : Tempo.com Balamuda, pernah gak sih mengkhawatirkan sesuatu, entah itu pekerjaan, keluarga, hubungan asmara, atau lainnya? Tapi jika Balamuda memikirkan hal-hal itu secara terus-menerus, bisa jadi kita terjebak dalam perilaku overthinking. Perilaku ini jelas tidak sehat dan dapat menimbulkan stres saat kita memikirkan sesuatu yang negatif seperti, mengingat masa…
Read more

6 Karakteristik seorang Critical thinker

Langkah-langkah berpikir kritis. Sumber : Kajian pustaka.com Halo Balamuda! apa Balamuda mengetahui apa itu Critical Thinking? Critical thinking atau berpikir kritis merupakan keterampilan yang memungkinkan Balamuda membuat keputusan yang logis, berdasarkan informasi yang didapat dan diolah sesuai kemampuan. Menurut www.wabisabilearning.com definisi dari berpikir kritis sebagai sebuah pemikiran yang jelas, rasional, logis dan mandiri. Hal itu…
Read more

Ilustrasi seorang sedang melakukan perjalanan. Sumber : CNN.COM

Siapkan Perjalanan Mudik Balamuda Dari Sekarang!

Ilustrasi seorang sedang melakukan perjalanan. Sumber : CNN.com Lebaran semakin dekat, siapa nih Balamuda yang berencana untuk mudik tahun ini? Momentum idul fitri pastinya identik dengan mudik ya Balamuda, dimana di hari yang fitri, Balamuda dapat merasakan momen yang syahdu berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. eits, tapi sebelum mudik, ada baiknya Balamuda mempersiapkan…
Read more

Cara Mengurangi Kebiasaan Self Serving Bias

5 Cara Mengurangi Kebiasaan Self Serving Bias

Ilustrasi seorang self serving bias. Sumber : suara.com Hallo Balamuda! Apa Balamuda mengetahui istilah self serving bias? Menurut Baron & Byrne di dalam bukunya yang berjudul “Psikologi Sosial”, Self self serving bias merupakan perilaku yang meyakini hal positif berasal dari dalam diri (internal), serta hal negatif berasal dari luar (eksternal). Seorang self serving bias cenderung…
Read more

Perbandingan kulit yang terurus dan tidak terurus. Sumber: Detik.com

4 Kebiasaan yang Membuat Penampilan Tetap Fresh dan Glowing

Perbandingan kulit yang terurus dan tidak terurus. Sumber: Detik.com Hallo Balamuda, mempertahankan penampilan untuk tetap fresh serta glowing terutama pada bagian kulit adalah hal yang tidak mustahil untuk diwujudkan, lho Balamuda. Balamuda penasaran gimana caranya? Berikut empat kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan agar kulit balamuda tetap fresh dan glowing, nih. Tidur cukup Balamuda pasti sering…
Read more

Tiga Hal Penting Untuk Menjaga Nutrisi di Bulan Ramadhan

Ilustrasi makanan bernutrisi penting. Sumber: Merdeka.com Hallo Balamuda! menjelang Ramadhan, Balamuda harus mempersiapkan diri nih. Seperti yang Balamuda ketahui, bulan suci Ramadhan adalah waktunya seluruh umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Karenanya, Balamuda perlu menjaga nutrisi tubuh agar memaksimalkan kegiatan ibadah dengan tubuh yang sehat. Berikut tiga hal penting untuk menjaga nutrisi ketika menjalani ibadah puasa.…
Read more

Lagi Terpuruk Tetapi Kelihatan Bahagia Aja, Jangan-Jangan Kamu Seorang Eccedentesiast!

Ilustrasi seorang eccedentesiast. Sumber foto: sweetinstitute.com Dirinya terlihat baik saja, bahkan cenderung terlihat bahagia padahal faktanya tidak demikian. Apakah Balamuda pernah mendengar kalimat yang serupa?, atau Balamuda sudah tahu sebutan untuk hal tersebut? Dikutip dari pingpoint.co.id, eccedentesiast adalah sebuah istilah dalam dunia psikologi yang dapat diartikan untuk seseorang yang menyembunyikan kesedihannya di balik senyuman. Mereka yang melakukan eccedentesiast…
Read more

Kenali Tarian Sufi yang Religius dan Penuh Makna

Tarian sufi. Sumber foto: liputan6.com Balamuda, pasti engga asing lagi nih mendengar atau bahkan melihat Tarian Sufi dari Turki, yang dikenal dengan tarian berputar hingga berjam-jam bahkan sampai berhari – hari. Tetapi jangan salah lho, Balamuda, ternyata Tarian Sufi merupakan tarian religius yang memiliki banyak arti dan penuh makna. Tarian dengan nama lain whirling dervishes tersebut,…
Read more